•  
  •  

Pelepasan Mahasiswa Peserta KKN Tematik 2018 “Citarum Harum”

Jakarta, 17 Juli 2018 Universitas Budi Luhur melepas 541 orang Mahasiswa untuk mengikuti KKN Tematik 2018. Kopertis III memberikan kepercayaan kepada Universitas Budi Luhur sebagai ketua dari KKN Tematik wilayah III ini, khususnya untuk Perguruan Tinggi Swasta. Kolaborasi antar program studi dan  Perguruan Tinggi Swasta lainnya diharapkan dapat bersinergi dalam menerapkan ilmu yang sudah didapat kepada masyarakat.

Direktur Riset dan PPM, Prof. Dr. FX Suwarto, M.S, menyampaikan laporannya mengenai KKN Tematik 2018 ini. Dari 541 Mahasiswa yang mengikuti KKN akan didampingi oleh 17 Orang Dosen Pembimbing Lapangan. Khusus untuk KKN Citarum Harum, terdapat 30 peserta KKN dan 30 volunteer (Anggota BEM) yang terbagi di wilayah Jakarta Barat sebanyak 7 Kelurahan, Jakarta Pusat 13 Kelurahan, Jakarta Selatan 3 Kelurahan, Banten 3 Desa, Tasikmalaya 3 Desa, Jawa Tengah 3 Desa. Total ada 54 titik KKN, yang terdiri dari 46 Kelurahan dan 9 desa. Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya KKN ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas iklim akademik yang kondusif dan produktif.

 

Berikut adalah daftar titik lokasi KKN Tematik 2018:

DKI Jakarta
1. PISANGAN TIMUR
2. PALMERIAM
3. KAYU MANIS
4. PENJARINGAN
5. KAMAL MUARA
6. ANCOL
7. TANJUNG PRIOK
8. SUNTER JAYA
9. TUGU UTARA
10. JATINEGARA
11. CAKUNG BARAT
12. KEDOYA UTARA
13. KEMBANGAN UTARA
14. PALMERAH
15. RAWABUNGA
16. CIPINANG BESAR UTARA
17. CIPINANG BESAR SELATAN
18. JEMBATAN LIMA
19. JATI PULO
20. KRUKUT
21. DUREN SAWIT
22. CEGER
23. PINANG RANTI
24. TUGU SELATAN
25. KALIBARU
26. SEMPER TIMUR
27. KARET TENGSIN
28. KEBON MELATI
29. PETAMBURAN
30. TANAH SEREAL
31. JEMBATAN BESI
32. ANGKE
33. PULAU PARI
34. PULAU KELAPA
35. PEGANGSAAN
36. GALUR
37. JOHAR BARU
38. TEGAL ALUR
39. KAMAL
40. DURI KOSAMBI
41. KRAMAT PELA
42. GANDARIA UTARA
43. CIPULIR
44. BUKIT DURI
45. PASAR MANGGIS
46. KARET KUNINGAN

Jawa Tengah
1. JABUNG (Gantiwarno, Klaten, Jateng)
2. Towangsan (Gantiwarno, Klaten, Jateng)

DI Yogyakarta
1. UMBULMARTANI (Ngemplak, Sleman, DIY)

Jawa Barat
1. CIPAWITRA (Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat)
2. LINGGA JAYA (Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat)
3. CIGANTANG (Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat)
4. Citarum Harum (Karawang, Jawa Barat)

Banten
1. MAJA (Maja, Lebak, Banten)
2. MAJA Baru (Maja, Lebak, Banten)
3. Curug Badak (Maja, Lebak, Banten)

“Save By Insurance”, adalah jaminan keselamatan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Dr. sc.agr.Ir. Didik Sulistyanto, pada peresmian pemberangkatan Tim KKN Tematik 2018. Yayasan Budi Luhur Cakti mendukung kelancaran KKN kali ini, ditambah kerjasama yang dilakukan dengan BPJS. Asuransi yang diberikan selama 2 bulan kegiatan menjadi salah satu keuntungan yang didapatkan oleh mahasiswa peserta KKN Tematik 2018. Seluruh peserta KKN UBL dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan mulai dari berangkat, selama ber KKN, hingga kembali ke rumah. Setiap peserta diberikan kartu peserta sebagai bukti keikutsertaannya dalam program JKK dan JKM. Melalui kegiatan ini Pak Rektor memberikan pesan kepada para peserta KKN untuk merangkul masyarakat dengan kebudiluhuran.

Salah satu keistimewaan yang menjadi pertimbangan bagi Kopertis III kepada Budi Luhur adalah penerapan KKN sebagai bagian dari kurikulum dengan bobot 2 SKS. Mahasiswa sebagai pejuang dan agen di lapangan dapat menjadi lahan untuk mengasah seberapa tangguh mereka menerapkan ilmunya dan bersosialisasi dengan Masyarakat. “Bawalah bekal ES TOMAT, Senyum, Sapa, Salam, Santun, Sehat, Selamat, Tolong Menolong, Maaf Memaafkan agar tidak terjadi dispute, dan Terima kasih. Diharapkan para peserta KKN dapat menempatkan dirinya sebagai orang yang terpelajar.”, ujar Ibu Dr. Illah Saillah, Koordinator Kopertis III.

Pemerintah DKI Jakarta sangatlah mendukung kegiatan ini, dan menaruh harapan kepada para peserta KKN yang dapat menjalankan amanat Presiden RI, Bapak Joko Widodo, untuk mewujudkan Sungai Citarum yang bersih, sehat, nyaman, dan dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat disekitarnya. Bapak Didik Djunaidi, Kepala Bagian Koperasi UMKM, Industri, dan Perdagangan, Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta, menerangkan beberapa titik lokasi KKN di kelurahan yang ada di DKI Jakarta. Beliau menyemangati para peserta KKN pada hari ini.

Diharapkan adanya kemajuan dari berbagai sektor yang dirasakan masyarakat setelah penerapan KKN Tematik 2018 ini. Kedepannya agar kegiatan jangka panjang yang terus-teruskan dijalankan  ini dapat berbuah manis bagi semua.