•  
  •  

Roadshow Festival Dokumenter Budi Luhur 2018

Roadshow dan Workshop Festival Dokumenter Budi Luhur (FDBL) 2018 digelar di 4 kota besar. Solo menjadi kota pertama yang dikunjungi oleh tim FDBL. Kegiatan diawali dengan Workshop Film Dokumenter dan riset dokumenter yang dipaparkan oleh Haronas Kutanto kepada para mahasiswa Fakultas Media Rekam ISI Surakarta. Selain untuk memperkenalkan ajang festival tahunan yang nantinya akan di gelar di Auditorium Universitas Budi Luhur 20 Desember 2018, Tim FDBL mengajak para sineas muda penggiat dokumenter untuk mendukung pelestarian budaya dan potensi wisata daerah dalam sebuah sajian karya dokumenter.

Roadshow ke-2 dilaksanakan di Kampus STMM Yogyakarta, dengan menggelar Workshop Film Dokumenter yang dipaparkan oleh praktisi Tonny Trimarsanto. Workshop diisi oleh peserta dari Komunitas FFM Yogyakarta serta Pelajar SMA dan SMK sekitar Yogyakarta. Mas Tonny menyampaikan “membuat Film Dokumenter itu susah-susah gampang, butuh kedalaman riset sebelum memantabkan untuk memproduksinya, peka terhadap isu-isu hangat dan konsisten dengan bahasan yang akan kita sampaikan dalam film tersebut”. Rangkaian Roadshow FDBL 2018 selanjutnya akan dilaksanakan di Bengkulu dan Mamuju.

FDBL memiliki komitmen menjadikan FDBL sebagai wadah bagi para sineas muda Indonesia agar peka terhadap permasalahan-permasalahan sosial, serta turut berpartisipasi sebagai duta negara dalam pelestarian budaya dan potensi wisata daerah.

Artikel: HK