•  
  •  

Mobil Listrik UBL dan ITS siap Explore Indonesia

Akhirnya Indonesia memiliki mobil listrik karya anak bangsa,yang diciptakan untuk mengikuti rally paling ganas di dunia yaitu Dakar. Mobil 100% listrik ini bernama Blits (Budi Luhur-ITS) hasil kolaborasi antara dua perguruan tinggi terkemuka yaitu Universitas Budi Luhur dan ITS.

Blits itu sendiri didesain untuk Rally Dakar Argentina mulai daritubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahanan baterai. “Projek Blits merupakan inovasi mobil listrikyang dilahirkan dari anak bangsa sendiri, yang bisa dikenal olehdunia. Maka kita targetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia. Harapannya Blits bisa mengikuti Rally Dakar dengan spesifikasi canggih danketahanan yang mumpuni, maka mobil biasa bias kita ciptakan,” jelas Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus YayasanPendidikan Budi Luhur Cakti.

Sebelum mengikuti Rally Dakar, mobil listrik Blits (Budi Luhur– ITS) akan melakukan uji coba jelajah nusantara dengan tema “PLN Blits Explore Indonesia”. Perjalanan Nusantara ini akanmenempuh jarak 15.000 km, yang dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak (Pulau Kalimantan), Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar (Pulau Sulawesi), Kendari, Manado, Ternate, Sorong (Papua), Manokwari, Jayapura, Merauke, Kupang, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finish di Surabaya.

Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Dr. Sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto menambahkan “Bagi kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi karya inovasi kreatif seperti ini ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa. Dalam daya saing bangsa ini Universitas Budi Luhur berperan sangat aktif adanya mobil listrik Blits karya Universitas Budi Luhur dan ITS. Projek Blits dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen untuk melahirkan mobil listrik,” jelasnya.

PLN Blits Explore Indonesia juga diikuti oleh mobil hybrid series KASUARI untuk menjelajah Nusantara sejauh 15.000 km. Universitas Budi luhur dan ITS dalam perjalanan ini menggandeng beberapa pihak seperti PT PLN, PT Pertamina, Kemenristekdikti, dan PT Goodyear Indonesia.

Dalam kegiatan BLITS Explore Indonesia melalui kerja kreatif Lab Media Komunikasi, perwakilan Dosen dan Mahasiswa FIKOM Budi Luhur turut berpartisipasi dalam mendokumentasikan seluruh rangkaian kegiatan. Mulai keberangkatan dari Kampus ITS hingga nantinya mulai menyusuri target lokasi Explore Indonesia. Yuk kita dukung.

Sumber: Humas Universitas Budi Luhur dan Lab Media Komunikasi