•  
  •  

Di Fikom Universitas Budi Luhur, Tugas Akhir Tidak Harus Skripsi

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Budi Luhur membuat terobosan kebijakan baru. Yakni, Fikom Budi Luhur memberikan 6 pilihan Tugas Akhir pada mahasiswanya, hal ini dapat mengembangkan potensi Mahasiswa, selain itu kreativitas Mahasiswa dapat lebih terasah melalui sebuah karya. Selain materi yang di dapat Mahasiswa juga mempunyai karya setelah lulus, dengan begitu akan lebih mudah untuk terjun di dunia kerja. Diantaranya :

  1. Skripsi / Kajian Komunikasi

Skripsi/Kajian merupakan Tugas Akhir Mahasiswa yang berbentuk Karya Tulis Ilmiah dari hasil  penelitian dan atau studi kepustakaan yang disusun menurut kaidah keilmuan Komunikasi di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing. Penelitian adalah keseluruhan kegiatan baik di dalam pikiran maupun dalam kegiatan nyata yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan suatu masalah di bidang ilmu Komunikasi(Peran Pengelolaan dan Pemanfaatan Komunikasi, Media dan Khalayak, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Industri Kreatif)dalam rangka penyusunan skripsi, dintaranya :

  1. Penciptaan Karya

Penciptaan karya merupakan Tugas Akhir Mahasiswa yang berupa karya ilmiah dan didahuli dengan penelitian/riset ilmiah dengan dimensi praktis dalam bidang/konsentrasi Broadcast Journalism, Public Relations, Komunikasi Visual dan Advertising Strategi. Karya ilmiah dituangkan dalam bentuk karya kreatif atau Creative Of Actuality  dengan mengacu pada konsep atau model komunikasi praktis untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat dan atau sebagai bentuk karya solusi dari permasalahan komunikasi dan sosial dimasyarakat sesuai dengan ruang lingkup bidang atau konsentrasi.

  1. Proyek Kolaborasi (Collaborations Project)

Merupakan  serangkaian  kegiatan  proyek  pengembangan,  pemberdayaan  dan  peningkatan  potensi  yang  ada  di lingkup masyarakat (Desa/Kampung, Kecamatan, atau Wilayah administrasi).  Dari potensi-potensi yang ada kemudian dituangkan ke dalam bentuk rangkaian karya komunikasi (Broadacst Journalism, Public Relations, Komunikasi Visual dan Advertising) yang menjadikan atau bertujuan meningkatkan potensi yang ada menjadi lebih baik. Karya dapat berupa komunikasi media baik konvensional atau new media yang terdiri dari karya masing-masing konsentrasi. Potensi-potensi yang ada di masyarakat atau wilayah dapat dihubungkan atau dikembangkan secara menyeluruh dengan bentuk karya komunikasi yang akan dikerjakan bersama. Sebagai contoh; potensi wisata, potensi seni dan budaya, potensi wirausaha masyarakat.

  1. Laporan Magang

Laporan Magang merupakan Tugas Akhir Mahasiswa yang berupa laporan hasil dari kegiatan magang diperusahaan dengan riset mini atau partisipasional riset yang mendalami dimensi praktis dari pola kerja dan permasalahan yang ada di perusahaan atau lembaga sesuai dengan bidang atau konsentrasi Broadcast Journalism, Public Relations, Komunikasi Visual, dan Advertising Strategi

  1. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah merupakan Tugas Akhir Mahasiswa yang berupa hasil riset ilmiah yang dituangkan dalam bentuk artikel/jurnal sesuai dengan kententuan Jurnal yang dituju baik jurnal nasional maupun jurnal internasional dalam lingkup/kaidah Ilmu Komunikasi.

  1. Tugas Akhir Berbasis PKM atau Program Hibah

Tugas Akhir Berbasis PKM atau Program Hibah merupakan Tugas Akhir Mahasiswa berupa project/karya/kerja kelompok yang diajukan atau berdasarkan proposal yang telah lolos PKM atau Program Hibah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Project/karya/kerja kelompok yang sesuai dengan kaidah komunikasi dibagi sesuai dengan bidang/konsentrasi masing-masing anggota yang selanjutnya dilaporkan per masing-masing anggota dengan menyertakan dokumen-dokumen yang menunjang.

Contoh Karya Tugas Akhir :

 

 

WhatsApp chat