•  
  •  

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Melakukan Workshop Dengan Tema “Cara Bijak Berkomunikasi Dengan Anak di Era Digital”

TPA Miftahul Ulum telah berdiri lebih dari 15 tahun. Dengan santri yang beraneka ragam, dan berubah dari zaman ke zaman sehingga proses penyampain ilmu yang diberikan tentunya selalu update. Santri yang menimba ilmu di lembaga non formal ini memiliki rentang usai 3-12 tahun. Tak ayal dimana santri saat ini merupakan anak generasi Z dan genearasi Alpha. Untuk itu bagi wali santri punya tugas rumah yang lebih banyak lagi dalam mendidik anak mereka ketika diluar lembaga pendidikan. Saat berdiskusi dengan pihak pengelola TPA Miftahul Ulum, seringnya pada guru mendapat pertanyaan bagaimana cara mendidik anak di era saat ini. Dimana segala sesuatu mudah didapat karena pengaksesan terhadap informasi terdapat di depan mata seperti internet via komputer dan HP. Sedangkan para orang tua tidak bisa mencegah karena saat ini kebutuhan akan Handphone dan akses datanya sudah menjadi kebutuhan. Adapaun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini dilakukan agar masyarakat dalam ha ini adalah wali santri dari TPA Miftahul Ulum memiliki pengetahuan dan bisa berkomunikasi dengan bijak pada anak di era digital saat ini.

Gambar 1. Walisantri sebagai peserta kegiatan

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan workshop(seminar) dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi tentang bagaimana berkomunikasi yang bijak kepada anak di era digital. Kegiatan ini diawali dengan berkunjungnya tim PKM ke tempat mitra yaitu TPA Miftahul Ulum yang berada dibawah naungan Yayasan Intishor. Tim bertemu dengan pengelola Yayasan dan TPA, kemudian dilakukan pembuatan syarat admistratif guna pembuatan proposal pengabdian masyrakat. Tim pelaksana melakukan studi literature karena diperlukan pengetahuan mengenai dunia parenting yang dipadukan dengan kecakapan dalam berkomunikasi. Dilanjutkan dengan menyiapkan materi presentasi dan penggandaan hand out. Tim pelaksana menuju tempat mitra dan menyiapkan kebutuhan presentasi dan dokumentasi seperti persiapan paparan dengan LCD Proyektor dan persiapan banner.
Kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini dilakukan oleh Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi yaitu Dr. Hadiono Afdjani., M.Si dan Amin Aminudin, M.Ikom. Ada 52 walisantri yang hadir dalam kegiatan workshop ini. Walaupun peserta yang ditargetkan berjumlah 80 orang, namum tim tetap semangat karena peserta yag hadir masih dalam kategori banyak.

Gambar 2.Santri TPA Miftahul Ulum

Secara keseluruhan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar dan baik dan memberi kesimpulan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu : walisantri memiliki pengetahuan dalam berkomunikasi dengan anak di era digital.

Gambar 3. Foto bersama diakhir acara