Home » Studi/Proyek Mandiri

Studi/Proyek Mandiri

Proyek/Studi Mandiri

Penjelasan Umum

Kegiatan yang diperuntukan bagi para mahasiswa yang memiliki inisiatif menciptakan karya yang dilombakan skala nasional atau karya dari ide-ide yang kreatif-inovatif. Idealnya, proyek/studi mandiri dijalankan untuk menjadi muara dari mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa.  Proyek/studi mandiri dapat dilakukan dalam bentuk kerja kelompok lintas konsentrasi atau lintas prodi. 
Ekuivalensi proyek/studi mandiri ke dalam mata kuliah dihitung berdasarkan kontribusi dan peran mahasiswa yang dibuktikan dalam aktivitas di bawah koordinasi dosen pembimbing. Kegaitan proyek/studi mandiri ini dapat dilaksanakan di semester 7 atau minimal sudah menempuh 6 semester dan selanjutnya akan di jadikan sebagai Tugas Akhir pada semester berikutnya.
Kegiatan proyek/studi mandiri harus dengan perencanaan yang matang dan kuat serta kegiataanya sudah terukur untuk dapat diselesaikan selama 1 semester/setara dengan maksimal 20 sks atau sebagai capaian pembelajaran dari mata kuliah di semester 7

Tujuan

•  Sebagai bentuk kegiatan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, latar belakang dari pembuatan karya ini adalah menjawab permasalahan dari fenomena yang muncul di masyarakat atau bisa berupa karya permintaan dari klien.
•  Mewujudkan gagasan mahasiswa dalam mengembangkan studi yang inovatif yang menjadi gagasannya, menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan pengembangan (research & development).

Jenis Proyek Mandiri

Proyek/studi mandiri yang berupa karya komunikasi Film Dokumenter, Portal Berita dengan media digital, Karya animasi, Karya Integrated Marketing Communication, karya Kampanye Sosial, karya Multimedia Interaktif, Karya Event Management dll.

Skema Proyek/Studi Mandiri

•  Jalur Mandiri
Yaitu kegiatan proyek independen/studi mandiri yang diinisiasi oleh beberapa mahasiswa Universitas Budi Luhur secara mandiri. Mahasiswa Universitas Budi Luhur secara berkelompok lintas konsentrasi atau lintas prodi melamar menjadi peserta Studi Mandiri pada form pendaftaran. Universitas Budi Luhur selanjutnya membantu memfasilitasi dengan menindaklanjuti secara formal.
•  Jalur dari BKP Kementerian
Yaitu Proyek Independen/studi mandiri yang di inisiasi dan proses rekruitment serta pelaksanaan melalui Bentuk Kegiatan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Pendidikan Tinggi. Seperti Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, Studi Independen Kampus Merdeka Kemendikbud.
•  Jalur Kerjasama
Yaitu Proyek Independen/studi mandiri yang inisiasinya oleh lembaga bekerjasama dengan Fikom Universitas Budi Luhur dengan luaran yang sesuai dengan kebutuhan dari mitra lembaga. Seperti Kementerian, BUMN, BUMD, lembaga pemerintah tingkat daerah maupun swasta. Kegiatan proyek mandiri bisa berupa karya film dokumenter, desain infografis, film animasi, kampanye sosial, karya event management maupun karya lainnya sesuai dengan Tugas Akhir di Prodi Ilmu Komunikasi.

 

Untuk kalian yang berminat bisa langsung klik link di bawah ini untuk mendaftar melalui Form berikut :