Panduan Teknis Sidang Akhir Gasal 2020-2021

Salam Budi Luhur

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi pendaftaran
sidang tugas akhir mulai dibuka pada tanggal 05 hingga 10 Juli 2021 dan perkiraan sidang mulai dari tanggal 14 Juli – 9 Agst 2021 (20 Juli Libur).

Pelaksanaan Sidang TA menggunakan Sistem Online Google Meet. Pelaksanaan
sidang ada 4 sesi untuk setiap hari, mulai sesi pukul 08.00, 10.00, 13.00 dan 15.00.
Hari Jum’at pukul 07.30, 09.30, 13.00 dan 15.00
Waktu Sidang : 2 Jam (berikut Yudisium dan persiapan)

  • Prepare waktu 15 menit diawal untuk persiapan, dan 15 menit dibelakang untuk
    penilaian.
  • Keterlambatan penguji maksimal 15 menit, jika lebih maka akan digantikan
    dosen lain.
  • Jika penguji terlambat maka waktu sidang tidak boleh melebihi 2 jam.

Berikut adalah ketentuan pengumpulan berkas sidang TA :

  • Penulisan Tugas Akhir dikumpulkan berupa soft copy dalam bentuk PDF.
  • Mahasiswa Upload berkas TA melalui web student dengan menu yang tersedia.
  • Untuk tugas akhir karya dapat di upload ke Google Drive/Youtube private dan sertakan link di penulisan/berkas TA.
  • Lengkap dengan lembar bimbingan dan persetujuan dosen pembimbing.
  • Persetujuan dosen pembimbing dengan tanda tangan digital.
  • Lembar bimbingan di unduh dari web student setelah di input oleh dosen pembimbing.

Untuk dosen pembimbing, prosedur pra-pendaftaran sidang sebagai berikut :

  • Entry kartu bimbingan Tugas Akhir melalui web dosen, menu akademik-Tugas Akhir.
  • Menginformasikan kepada mahasiswa untuk mengunduh/cetak kartu bimbingan.
  • Memberikan persertujuan pendaftaran sidang melalui paraf digital.
  • Menginformasikan untuk mendaftar sesuai dengan tanggal yang sudah
    ditentukan.
  • Dosen pembimbing wajib mempunyai dan mengaktifkan email @budiluhur.ac.id.

Berikut adalah tugas panitia sidang TA :

  • Menginfokan kepada dosen pembimbing untuk jadwal sidang per-hari atau bisa melihat di web dosen.
  • Mencarikan dosen pengganti untuk menguji sebelum hari H dan akan mengupdate pada system di web dosen.
  • Membuatkan link google meet 1 hari sebelum hari H ujian dan memberikan link kepada dosen pembimbing melalui WA.

Berikut adalah prosedur Pra sidang untuk Dosen Pembimbing :

  • Dosen melihat jadwal sidang melalui web dosen.
  • Dosen mengunduh berkas TA melalui web dosen atau sudah mempunyai salinan berkas TA dan atau Karya TA mahasiswa.
  • Dosen pembimbing menerima link dari panitia sidang dan memasukan link Google Meet ke web dosen, 1 hari sebelumnya.
  • Dosen pembimbing memberikan atau share file TA Karya mahasiswa kepada ke 2 Dosen penguji, 1-2 hari sebelum sidang.
  • Jika berhalangan menjadi moderator harap berkoordinasi dengan koordinator sidang maksimal 2 hari sebelum sidang.

Proses sidang untuk dosen pembimbing yaitu membuka link google meet 15 menit
sebelum sidang dimulai, meminta atau memberi tahu dosen penguji dan mahasiswa
untuk masuk ke room google meet, dosen pembimbing memulai sidang sesuai jadwal
jika mahasiswa dan dosen penguji sudah masuk dalam room.

Berikut adalah proses pelaksanaan sidang untuk dosen pembimbing dan penguji:

  • Dosen pembimbing mengawal jalannya sidang dengan mengatur waktu presentasi mahasiswa, tanya jawab dengan dosen penguji dan waktu untuk penilaian.
  • Setelah pelaksanaan sidang, dospem mempersilahkan mahasiswa untuk keluar room terlebih dahulu, selanjutnya untuk berdiskusi nilai antara penguji dan pembimbing.
  • Catatan perbaikan di entry melalui web dosen (pembimbing dan penguji), mahasiswa dapat melihat di web student.
  • Dosen pembimbing dan penguji menginput nilai melalui web dosen. Nilai harus sudah disepakati bersama, termasuk grade akhir.
  • Dosen penguji/pembimbing entry nilai di web dosen masing-masing.
  • Pembimbing dapat melihat detail nilai penguji, sedangkan penguji hanya dapat melihat nilai skor akhir dan grade.
  • Dosen pembimbing menginfokan mahasiswa untuk masuk kembali ke room meet.
  • Dosen pembimbing mengumumkan hasil sidang dengan mencetak Berita Acara Sidang (tanpa tanda tangan penguji/pembimbing, save as PDF) dan Berita Acara tidak perlu dikirim ke mahasiswa.
  • Mahasiswa dapat melihat Berita Acara di web Student.

HIMBAUAN

  • Bila terjadi kendala saat sidang (misal seperti mati lampu, koneksi dll), diberikan 1 hari untuk jadwal sidang ulang (akan diinfokan setelah maping jadwal selesai).
  • Penilaian kepada mahasiswa memperhatikan standar kompetensi / standar penilaian kepada Mahasiswa.
  • Kesepakatan hasil nilai untuk mahasiswa mohon dilaksanakan ketika masih dalam room meeting berikut grade yang akan dicapai, tidak diperkenankan ada perubahan ketika akan input nilai melalui web.
  • Pakaian penguji, untuk Bapak-bapak mohon mengenakan pakaian yang rapi dan menentukan ruangan yang memungkinkan untuk sinyal dan cahaya.
  • Suasana sidang mohon dibuat untuk senyaman mungkin, agar memberikan kesan yang membanggakan untuk peserta sidang di kedepannya nanti.
  • Dosen pembimbing tetap membimbing hingga artikel jurnal mahasiswa siap terupload ke Jurnal Online MahasiswaPantarei/jom.fikom.budiluhur.ac.id (sesusai ketentuan).
  • Dosen Pembimbing menjadi penulis ke dua untuk artikel (dari Tugas Akhir) yang akan diterbitkan.
  • Artikel Ilmiah disubmit melalui email jomfikom@gmail.com (oleh mahasiswa).
  • File berupa Word 2007 keatas.
  • Format Subjek email : Nama_NIM_Konsentrasi_TA Genap 19-20
  • Paling lambat : 14 Maret 2021.
  • Untuk mahasiswa dengan TA karya, setelah dinyatakan lulus mohon untuk dihimbau mendaftarkan HAKI melalui centra HAKI UBL.

File Pendukung :

Petunjuk teknis Sidang Tugas Akhir 2020-21

Comments are closed.