Home » Pertukaran Mahasiswa

Pertukaran Mahasiswa

Pertukaran Mahasiswa

Penjelasan Umum

Mahasiswa Prodi ilmu Komunikasi berkesempatan untuk dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa yang relevan dengan Program Studinya, baik di dalam Perguruan tinggi Universitas Budi Luhur maupun Perguruan tinggi lain di dalam negeri atau di luar negeri dengan perhitungan angka kredit, pengalihan kredit, dan kegiatan non akademik yang berupa short course scholarship atau kegiatan lainnya yang ditetapkan sesuai dengan kriteria MBKM.

Tujuan

•  Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran dan perluasan wawasan secara global di Prodi lain maupun Perguruan tinggi lain.
•  Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berjejaring, soft skill dan kemampuan untuk kompetitif dengan sesama mahasiswa di PT lain baik dalam maupun luar negeri.
•  Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluar kompetensi di luar kompetensi utama prodi asalnya.
•  Meningkatkan mutu dan jejaring antar program studi baik di dalam PT maupun di luar PT dengan kekhasan prodinya sebagai bagian dari pembentukan capaian pembelajaran mahasiswa.
•  Meningkatkan Mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan dari masing Perguruan tinggi yang saling bekerjasama dalam pertukaran mahasiswa.
 

Skema Pertukaran Mahasiswa

 Skema Pertukaran mahasiswa Antar Prodi dalam PT
Program studi menginisiasi kegiatan pertukaran mahasiswa di dalam perguruan tinggi Universitas Budi Luhur. Kegiatan pertukaran mahasiswa dengan Program studi yang berbeda dalam satu fakultas maupun lintas fakultas di Universitas Budi Luhur. Dengan ketentuan Mahasiswa Fikom minimal semester 4 atau sudah menyelesaikan 4 semester di Prodi asal dapat mengambil mata kuliah lintas Prodi Lain dalam PT, dengan ketentuan sebanyak 6-12 sks mata kuliah lintas Prodi Lain satu PT dan selebihnya adalah mata kuliah konsentrasi/mata kuliah Prodi. Seperti di Program studi Desain Komunikasi Visual.
•  Skema Pertukaran mahasiswa Antar PT dengan Prodi yang sama atau Prodi yang berbeda
Program studi menginisiasi kegiatan pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi  di luar Universitas Budi Luhur dengan Program Studi yang sama maupun dengan Program Studi yang berbeda. Dengan ketentuan Mahasiswa Fikom minimal semester 5 dapat mengambil mata kuliah lintas Prodi Lain dalam PT, dengan ketentuan sebanyak 6-20 sks mata kuliah di prodi yang sama maupun prodi yang berbeda sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antar Prodi atau antar PT.
•  Skema Pertukaran Mahasiswa BKP Kementerian
Skema Pertukaran Mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Pendidikan Tinggi seperti pertukaran mahasiswa merdeka, Pertukaran mahasiswa Tanah Air Nusantara dengan sistem alih kredit dan  teknologi informasi, serta program lainnya.

Daftar Mitra

•  Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur
•  Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Bhayangkara Jakarta
•  Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta
•  Program Studi Ilmu Komunikasi, AMIKOM Purwokerto
•  Program Studi Ilmu Komunikasi STIAMI Jakarta.

 

Untuk kalian yang berminat bisa langsung klik link di bawah ini untuk mendaftar melalui Form berikut :